Tak Bisa, Tak Hobi, Tak Bakat, Tak Bisa Sukses ?

Ketika seorang produser menawarkan peluang untuk memegang acara talk-show, Tukul tak terlalu yakin bisa melakukannya, "Jangan! Saya nggak bisa. Lha wong, saya basic-nya cover boy (kebalikannya-red)." Ternyata acara Bukan Empat Mata meraih rate-tinggi (13.1).

Ade Rai, cita-citanya sejak kecil adalah menjadi pemain bulutangkis, sempat bergabung dengan Klub Tangkas dan Djarum. Gara-gara pernah menang adu panco, ini juga iseng-iseng, just for fun, dia mulai rajin fitnes utk melatih diri. Prestasi hingga saat ini, dia pernah memenangkan kejuaraan bodybuilding National Champion berturut-turut 1994-1999. Tahun 2002 melakukan program kompetisi lokal. Berkat kontribusinya kini Indonesia telah punya 5 juara dunia binaraga, dan gym fitness berkembang sangat pesat.

"Saya ini wartawan mana bisa memandu talkshow!"
Karirnya tak mulus, talkshow-nya pun tak langsung berjalan lancar. Pada tayangan perdana, tak ada penonton di studio, sehingga ia hrs turun ke jalan menawarkan donat dan keramahan agar ada yg mau masuk mjd penonton. Kini, Oprah Winfrey, mjd wanita selebriti terkaya di dunia dgn kekayaan mencapai USD 1,5Miliar (Rp 15Trilyun) dan mjd wanita paling berpengaruh di dunia melalui jalur talk-show.




Kepercayaan diri Tompi sempat drop karena komentar pedas guru kesenian. Tapi ia memberi ruang untuk kembali mencoba. Akhirnya ia meraih sukses di dunia tarik suara. Orang lain bisa melakukan kesalahan yang sangat fatal ketika menilai potensi, seperti kegagalan gurunya melihat sisi positif keunikan suara Tompi. Untunglah Tompi bisa meluoakan dan meneruskan impiannya.

Sumber : Buku No Excuse karya Isa Alamsyah.



Tadi siang saya nonton tayangan Wirausaha di sebuah tivi swasta. Ada ibu Wenny, pengusaha kue basah, spesialis kue pastel, bisnis dari rumah, omsetnya puluh-puluh juta per bulan. Yang menginspirasi saya, ketika host-nya bertanya, "bu Wenny memang hobi masak ya?" ternyata beliau menjawab, "Saya tak suka memasak."

Lantas, apa motivasinya? Tak suka masak, tapi bisa sukses, apa kiatnya?

"Motivasi awalnya, ya, Bisnis. Saya melihat peluang. Saya belajar dari demo masak tapi kebanyakan dari buku-buku. Saya praktekkan. Yang penting niat, tekad, kemauan untuk sukses, Mas."