Tips bekerja dengan target, dan Tanpa Stres.

Kebanyakan dari kita takut menentukan target, apalagi target yang tinggi. Kenapa? Karena tidak tahu caranya? Atau... Takut tak tercapai, malu, stres?

Tahukah kita, bahwa target yang tinggi itu juga bisa membuat diri kita berkembang lebih baik. Pilihannya: apakah kita mau maju, sukses, berubah lebih baik, atau statis jalan di tempat ketinggalan dari yang lain?

Tips bekerja dengan target, dan tanpa stres.



1. Perencanaan

Gagal merencanakan sama dengan merencanakan untuk gagal. Rencanakan dengan matang, step by step, apa yang semestinya dilakukan utk mencapai target-target kita. Tulis secara detil, siapa saja yang bisa saya temui untuk belajar caranya, kapan belajar ini itu, kapan mempraktekkannya.


2. Disiplin dengan rencana-rencana kita

Tindaklanjuti rencana-rencana kita. Bekerjalah dengan disiplin. Atur waktu sebaik-baiknya. Macet bukanlah alasan yang bisa diterima jika seseorang datang terlambat. Latihan terus. Lakukan koordinasi dengan Tim dan para menthor (pembimbing). Praktek terus menerus. Konsisten. Persisten. Fokus pada target dan impian besar kita.


3. Libatkan Allah Swt dalam tindakan-tindakan kita.

Perbaiki sholat kita : ontime, ditambah sholat sunnah rawatib. Lakukan sholat taubat, sholat tahajjud, sholat hajat di sepertiga malam terakhir. Tinggalkan kemaksiyatan: gosip, berbohong, dsb, karena doa kita bisa terhalang oleh dosa-dosa kita.

Lakukan juga secara konsisten, sedekah, membaca Al Quran, perbanyak istighfar dan bersyukur. Sambung Silaturahim. Ingat, selain tercapainya target-target kita di dunia, tujuan akhir sejati kita adalah (kenikmatan) di Syurga-Nya.


Bagaimana kalau sudah melakukan 3 poin di atas, kita tak juga mencapai target?

Ikhlas, ya..

Itu bukanlah kegagalan. Kita belajar, dari pengalaman. Mungkin kita harus mengulang, tapi tentu saja dalam kondisi yang lebik baik dari sebelumnya. Mungkin caranya sudah benar, tapi kita perlu lebih konsisten dan persisten lagi melakukannya. Percaya ga, Allah Swt pasti menepati janji-Nya..?

"dan bahwa, manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya." QS An-Najm 53:39