Step by step.. ayo mulai usaha...

"Pedagang jujur terpercaya, tempatnya bersama-sama Nabi SAW, orang-orang shadiqin, dan para syuhada." (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Ayunkan langkah miliki usaha.


Step 1.
Niat yang Baik.
Segala sesuatu dimulai dengan niat. Jadikan niat yang baik sebagai dasar suatu usaha. Niat membawa kebaikan untuk semua yang berhubungan dengan usaha kita. Dengan niat baik, insyaAllah arah bisnis akan lebih memperhatikan etika dan moral.


Step 2.
Orientasi Jangka Panjang.
Usaha yang berorientasi jangka panjang tidak melulu berkonsep untung finansial, namun juga membawa semangat kuat untuk memberikan manfaat bagi masyarakat luas.


Step 3.
Memilih Jenis Usaha.
Rencanakan dengan matang, modal awal, keuntungan jangka pendek, keuntungan jangka panjang, prospek usaha, resiko kerugian, lebih bagus lagi punya menthor dan lingkungan tempat diskusi berbagi pengalaman usaha.



Ada yang menyarankan sebaiknya kita pilih usaha sesuai dengan minat/bakat, misalnya jika kita suka memasak dan semua orang yang pernah mencicipi masakan kita bilang enak, bisa buka usaha katering. Jika kita suka mendisain busana, bisa buka butik. Jika kita cinta kerudung cantik, bisa usaha jilbab.


Ada juga yang bilang, tidak harus pilih sesuai minat/bakat, asal untungnya gede, LANJUTKAN !


Ada juga yang memilih usaha, yang memang jaman sekarang menjadi sebuah kebutuhan, misalnya baju renang muslimah, atau salon muslimah, atau kolam renang muslimah.


Jika kita lihat teman kita berhasil dalam usahanya, jangan latah membuka usaha yang sama. Lebih keren niih, kita libatkan petunjuk Allah SWT melalui sholat istikharah dan shalat hajat. InsyaAllah lebih berkah gitu loch...



Hal yang penting juga kita sadari, selama membangun usaha, saat harus melalui masa kritis, jangan mudah menyerah. Fokus pada Solusi. Curhat/diskusi dengan orang-orang yang tepat. Pahami. Tidak ada yang instan. Semua kesuksesan pasti ada 'harga'nya : ketekunan, kesabaran, strategi, dan doa.


Teruslah belajar, buka wawasan, baca buku, hadiri Seminar, terus berdoa, dan terus bergerak. Lakukan semua yang memang harus dilakukan.

Catatan ini terinspirasi dari :

1. artikel-artikel di Majalah Paras edisi Juli 2009
2. teman-teman pengusaha yang saya kenal : Efa & Syam, Yuyun, Hengky, Mbak Inge, ibu Marcella Liliyani, Mbak Irma Sustika, Mbak Meiyana, dll.
3. pengalaman saya di Oriflame. *narsis mode on*

Sukses untuk kita semua yaaa... Amiiiiiiiinn.......... :)