Pembelajar.

Saya pernah menghadiri seminar motivasi. Banyak kisah nyata orang-orang sukses yang sangat menginspirasi. Salah satu yang berkesan, ada seorang pengusaha sukses yang "gelar" pendidikannya SDTT, sekolah dasar tidak tamat. Kondisinya sempat serba sangat sulit. Singkat cerita, sekarang beliau sukses sebagai pebisnis dan motivator unggul di Indonesia karena ternyata beliau adalah seorang pembelajar. Beliau belajar di universitas kehidupan. Pelajaran yang saya petik dari kisah beliau, siapa pun berhak sukses, siapa pun bisa sukses ketika dia terus belajar hal-hal baru yang membangun dirinya dan membangun kehidupan orang banyak.

Sebuah buku motivasi ditulis oleh seorang PNS yang aktif berbisnis ini-itu dan menjelang pensiun beliau berhasil mempunyai beberapa bengkel dan showroom. Beliau mengatakan, modal bisnis itu bukan hanya uang, tapi juga ilmu pengetahuan, yang bisa diperoleh dengan cara :


* memperbanyak membaca, terutama topik-topik yang berkaitan dengan dunia bisnis.
* menghadiri seminar yg diiklankan di berbagai media.
* bertanya kepada orang-orang yang berpengalaman dan sukses di dunia bisnis.
* praktek langsung di lapangan.


Saya juga punya beberapa teman dan saudara, yang mereka bekerja di bagian apa saja, meskipun harus mulai dari "nol" lagi, mereka selalu berhasil mencapai posisi puncak (baca: bos, GM, Direktur) .

Apa yang sama dari mereka? Mindset-nya. Pikiran terbuka terhadap hal-hal baru. Mereka punya kemauan kuat dan semangat utk belajar hal-hal baru. Mereka memiliki keberanian mengambil tanggung jawab akan hal-hal baru. Mereka suka menghadiri seminar dan training. Mereka suka membaca buku-buku motivasi. Mereka bergaul dan belajar pada orang-orang yang telah sukses. Mereka kontrol apa yang mereka tonton, apa yang mereka baca, dan apa yang mereka dengar. Mereka belajar keras, untuk bisa bekerja pintar. Tak heran akhirnya mereka sukses. Tidak ada kerja keras yang sia-sia, jika dilakukan dengan tulus.


Ini bikin saya dan suami semakin yakin, asal ada niat insyaAllah semua bisa... dulu buta bgt sm marketing (krn kami berdua sama-sama org Teknik) skrg lumayan 'melek' marketing... dulu kami ga bisa bikin blog, skrg anak2 kami pun punya blognya masing2... dulu ga bisa nulis, trs penasaran ngliat tmn2 pd bikin buku, trs saya bikin blog nulis ini-itu, skrg bbrp tmn penerbit minta saya nulis buku juga... dulu awal nikah suami kurang lancar ngaji, skrg Alhamdulillah ud lancar baca quran, semangat rajin bgt saban subuh dan maghrib :)