Cerita Mbafi di Indonesia Book Fair 2010

Kemarin pagi saya baca status Ratih di Newsfeed,
Mau ke book fair.. Sopo sing arep meluuu??

Ting!
O iya, tempo hari bolak-balik anter jemput Raihana, saya baca tu spanduknya gede bgt, INDONESIA BOOK FAIR, kebetulan dkt sekolahan ada kantor penerbit dan sekretariat IKAPI.

Saya tulis juga di status. Eh, banyak yg respon, apalagi Indah, semangat dan lengkap bnr ngasih infonya. Bikin saya makin manteb, harus ke Bookfair, harus sempat. Soalnya Jumat, Sabtu, Minggu, waaah mati gaya deh, ga bakalan semfet ke arah Senayan.

Tapi siang ini saya ada satu jadwal presentasi lumayan jauh. Hm.. keburu nggak ya, sebelum jam 3in1 udah sampek Senayan..?
Sepanjang jalan berangkat menuju tempat presentasi saya berdialog, "Tuhan, saya kepingiin deh hari ini mampir Bookfair, pingin beli buku resep masakan, kesehatan, psikologi, motivasi, dan kamus bahasa inggris yang menarik buat Syifa & Raihana."

Sampe lokasi, yg tadinya rencana yg dtg 20 orang ternyata yg hadir cuma ada 4 prospek, dan Alhamdulillah responnya positif, cpt bgt prosesnya tanpa saya duga training, presentasi dan konsultasi selesai pas adzan dzuhur, saya beresin pendaftaran dan orderan, trs sholat di masjid terdekat, jam 12.45 saya sudah di tol Jagorawi. Saya berdialog lagi, Alhamdulillah terima kasih Engkau atur waktuku, terima kasih Engkau pertemukan kami dengan orang2 yg menyenangkan, terima kasih Engkau sejahterakan kami hingga detik ini, terima kasih Engkau mudahkan perjalanan menuju Bookfair.

Masuk tol Cawang, hujan lebat, macet pamer paha, padat merayap tanpa harapan. Saya terus melatih pikiran dan hati utk tetap positif, istighfar, bersyukur, sambil menyimak celoteh guyonan penyiar2 radio. Jam 2 kurang dikit, saya sampe Istora langsung dpt parkir dkt pintu, jadi nggak perlu repot2 payungan. Alhamdulillah.

Target pertama tujuan saya, cari stand yg memasang banner SUPER MURAH atau BAZAAR DISKON HINGGA 70% atau DISKON HINGGA 80% atau HANYA Rp5000 atau HANYA Rp10.000. Hihihi, dasar emak-emak, belanja dimana aja, yg pertama dicari, yg diskon dulu. Sayup-sayup saya dengar pengumuman, pas jam dua ada talkshow Serunya Menulis yang akan dibawakan oleh Esti Kinasih penulis Novel terlaris Fairish. Penasaran saya ikutan aja, toh cuma 2 jam ini. Selain ada hasrat menulis buku yg saat ini masih sebatas no-action-talk-only, saya memang senang mendengar pengalaman orang-orang sukses.



Mbak Esti bercerita tentang latar belakang kehidupannya hingga passion-nya yakni kecintaannya dengan kegiatan menulis. Beliau sampe berani risain dari kerja kantoran yang telah beliau jalanin selama 13 tahun di dunia perbankan, berubah menjadi penulis. Beliau bilang, kalau jiwa Anda menulis, dan Anda melakukannya sepenuh hati, maka menulis bisa menjadi sandaran hidup, yang saya artikan dalam otak saya, "Lu bisa kaya juga kok dari menulis." Tapi ttp aja ada syarat dan ketentuan berlaku. Ya eiyalaah... mo ngapa2in, mo jadi apa aja, klo pingin sukses ya kudu 'bayar di muka' dulu, berani kerja keras, berani beda, punya mental pemenang, pantang nyerah, tahan sm celaan tmn2 ;-)

Syarat utama menjadi penulis sukses, kata Mbak Esti, adalah : banyak baca buku. Trs, banyak nulis deh, nuliiis aja terus2an...
Banyak baca buku akan memperkaya kosa kata penulis. Rajin nulis, mengasah skill dan instuisi. Penulis juga perlu rajin baca Thesaurus, rajin memperhatikan lingkungan sekelilingnya, menjadi pendengar yang baik, dan melatih empati. Tujuannya apa? Supaya pembaca bisa merasakan emosi dari cerita penulis, bisa ngakak sendiri, bisa nangis berlinang air mata, bisa terbawa marah, dsb. Bila perlu, penulis bisa mencari situasi, kondisi, tempat yg nyaman utk nge-dapetin feel-nya.

Selain Mbak Esti Kinasih yang ngobrol sore itu juga ada Mbak Vera, editor dari Gramedia Pustaka Utama, yang 'bongkar dapur' tentang syarat naskah-naskah yang seperti apa yang bagaimana yg diterima, sampai yg layak terbit. Untuk buku fiksi, misalnya novel, syaratnya naskah terdiri dari minimal 150 halaman, lembar A4, diketik 1,5 spasi menggunakan jenis font Times New Roman 12pt, bikin juga Sinopsis-nya, jilid yg rapi, baru kirim ke penerbit. Dalam seminggu Mbak Vera punya target membaca 5 naskah, yang beliau baca Sinopsisnya dulu. Kalau Sinopsisnya menarik, beliau baca naskahnya 10 halaman pertama dulu. Kalau 10 halaman pertama ceritanya sudah enak, baru Mbak Vera baca sampai selesai. Ada kemungkinan buku bisa terbit. Nasib buku juga unpredictable. Ada yang tadinya dikira bakalan laris, gak taunya malah biasa-biasa aja penjualannya. Atau sebaliknya.


Peserta seminar ini banyak juga loh... ada kali seratus orang... dan pada antusias... pertanyaan2nya (menurut saya) amat sangat bermutu semua. Saya merasa beruntung ada di kelas ini. Selain terima ilmu, sertifikat, nggak nyangka kebagian doorprize juga, buku Keep Your Hand Moving. ... Alhamdulillah.



Selesai acara, sholat ashar, langsung secara cepat saya berburu buku kuliner sehat, psikologi, motivasi, dan kamus. Lagi pilah pilih buku, eh dicolek bumil... Subhanallah. Ratih. Hehehe jodoh ngga kemana ya jeng :P


Di stand Gramedia semua buku terbitan GPU diskon 20%

Di stand Ufuk saya beli otobiografi Valentino Rossi, diskon 60%.

Di stand (dimana ya, saya lupa nih) buku resep kuliner hanya limaribuan hingga sepuluh ribu rupiah saja.

Di stand Mizan, semua buku terbitan Mizan dan Hikmah, diskon 30% pada setiap jam 4-6. Di luar jam itu, diskonnya cuma 20%. Nah, gara-gara diskon 30% itulah saya jadi kalap deh.



Beberapa stand penerbit, spt Mizan atau Gramedia, siap menerima pembayaran ATM atau Credit Card.

Pameran buku ini sampe 10 Oktober 2010.




Mbafi, banyak bamet, kapan bacanya, ada waktu apa?
Ya disemfet2in...
Klo pas janjian mo ketemuan sama orang, dan orangnya dtg ngaret, daripada resah gelisah gerah mending baca buku.
Klo kerjaan udah beres, eh kena insomnia, baca buku yg bikin lama2 ngantuk... jangan buku motivasi ya! :P
Klo lagi di bengkel, saya sempetin baca buku.
Klo lagi jenuh sama kerjaan, baca buku. Klo lagi bete sm orang, baca buku.
Buat ngalihin fokus, dapetin inspirasi atau solusi... baca.
Membaca adalah salah satu cara refreshing hidup saya.