Thick Face Black Heart


Chu Ning Chu didalam bukunya "Thick Face Black Heart" atau "Muka Tebal Hati Hitam", mengatakan bahwa sebenarnya didalam diri manusia sebenarnya terkandung potensi yang begitu besar untuk bisa maju dan sukses. Masalahnya potensi tersebut sering kali terkubur begitu saja, karena kita tidak mau "bermuka tebal" dan "bermuka hitam".



Chu Ning Chu memberikan sebuah prinsip penting untuk tidak usah malu dan berhati tega dalam kondisi-kondisi tertentu. Tega terhadap diri sendiri dengan berani menanggung resiko dan tega terhadap orang lain; tidak terlalu bermain perasaan. Itulah yang ia maksudkan dengan "Muka Tebal Hati Hitam".

Menurut Chu Ning Chu, perasaan-perasaan seperti gengsi, takut malu, dan terlalu menjaga perasaan orang atau merasa ngak enak sama si A, ngak enak sama si B justru sering kali menjadi penghambat seseorang untuk maju.

Begitu sering kita tidak berani bertindak atau melakukan sesuatuyang akan mendatangkan kemajuan dan kesuksesan, hanya karena perasaan malu, gengsi dan tidak enak. Jika diterapkan secara positif, tentu saja prinsip ini akan berguna dan menolong kita untuk maju dan memaksimalkan semua potensi yang kita miliki tanpa peduli kata-kata orang yang melemahkan semangat kita.


Tetapi sebaliknya, jika ini diterapkan secara negatif maka akan sangat merugikan diri kita dan juga orang lain, tidak sedikit orang yang tidak lagi punya rasa malu untuk berbuat dosa, berlaku curang, serakah, mengambil keuntungan gelap dan menjilat secara terang2an, atau meminta kesana kemari. Ini adalah thick face atau muka tebal yang diterapkan secara negatif.

Selain itu juga ada orang yang begitu tega terhadap sesamanya, tidak punya kasih dan kepedulian, tidak punya kepekaan, menindas, menekan sesama dan tidak pernah mencoa memposisikan diri orang yang ditindas. Orang-orang seperti ini jarang sekali terusik hatinya terhadap keadaan sesama, yang penting dirinya sendiri nyaman. Ketika sebuah kalimat nasihat keluar, sering kali kita berkata "Nasihat ini bukan untuk saya, melainkan untuk orang lain" atau krn sudah terbiasa dengan hati yang jahat dan merasa tindakannya benar, maka ia akan balik menyerang orang yang mencoba utk mengingatkan dengan berkata "tidak perlu ngajarin saya" ini benar-benar black heart.


Mudah2an Allah SWT selalu menolong dan menuntun kita semua dalam hidayah, jalan yg benar, menuju kesuksesan, kebahagiaan, dunia-akherat.


Wallahu'alam bish showab.